5 Manfaat Kayu Manis

KAYU manis sudah biasa dimanfaatkan untuk menambah cita rasa masakan. Rempah yang menjadi favorit untuk penyedap berbagai macam jenis kudapan ini sebenarnya lebih tepat disebut kulit manis. Tak lain karena bentuknya berupa kulit kayu dengan aroma wangi dan rasa yang manis.

Kayu manis atau cinnamomum verum termasuk jenis rempah-rempah tertua yang digunakan manusia. Rempah ini digunakan sejak 5000 tahun lalu di Mesir Kuno yang juga disebutkan dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Tidak sekedar menambah aroma masakan, rempah ini juga berkhasiat untuk kesehatan. Kayu manis bermanfaat meredam berbagai penyakit, di antaranya:
1.Mengobati asam urat
Rebus 1500 cc air bersma 1 jari kayu manis, 5 gram biji pala, 5 butir kapulaga, 5 butir cengkih, 200 gram ubi jalar merah, 10 butir merica, dan 15 gram jahe merah. Tunggu hingga air mendidih dan tersisa 500 cc. Saring dan tambahkan 200 cc air susu cair lalu minum

2.Mengatasi tekanan darah tinggi
Rebus 600 cc air bersama 1 jari kayu manis, 10 gram asam trengguli, 60 gram rambut jagung, dan 30 gram daun seledri. Tunggu hingga air tersisa 200 cc, lalu saring dan minumlah hangat-hangat.

3.Mengobati diare
Masukkan 5 gram kayu manis dan 5 lembar daun jambu biji ke dalam 600 cc air. Rebus hingga tersisa 300 cc. Saring air rebusan lalu beri gula secukupnya. Minumlah dua kali sehari sebanyak 150 cc.

4.Mengobati maag
Rebuslah 200 cc air dengan 10 gram kayu manis. Sisakan rebusan kira-kira 100 cc, lalu saring. Minumlah selagi hangat.

5.Meredakan kelelahan
Campurkan bubuk kayu manis secukupnya pada 1/2 sendok makan madu yang diminum bersama segelas air. Minumlah ramuan ini setiap hari setelah menggosok gigi dan pukul 3 sore ketika vitalis tubuh menurun.
Sekian dulu share kali ini, jangan lupa meninggalkan komentar yah sob...

Komentar