Fakta Tentang Gerimis

Mungkin ada yg berpikir gerimis lebih berbahaya daripada hujan lebat. pernyataan itu memang benar jika dilihat dari segi kesehatan, karena gerimis bisa membuat kepala pusing.
mengapa demikian???

begini penjelasannya :
hujan memiliki kadar asam pH 6. Air hujan dengan pH di bawah 5,6 dianggap hujan asam.

banyak orang menganggap bahwa bau yang tercium pada saat hujan dianggap wangi. Sumber dari bau ini adalah petrichor, minyak atsiri yang diproduksi oleh tumbuhan, kemudian diserap oleh batuan dan tanah, dan kemudian dilepas ke udara pada saat hujan turun. nah, asam inilah yg buat kita bisa pusing.

biar lebih jelasnya, simak yg satu ini sob...
kita semua tau klo gerimis tetes airnya lebih kecil daripada klo hujan deras. waktu perjalanan dari langit sampe bumi, air yang mulanya masih murni, sedikit demi sedikit bereaksi dgn gas-gas yang ada di udara. reaksi tadi ada yang bisa menimbulkan cairan yang bersifat asam. makin asam hujannya, makin ngga baik buat tubuh. dan di tetes air yang lebih kecil, konsentrasi asamnya lebih gede daripada yang di tetes air lebih besar. Jadi, waktu gerimis, konsentrasi asam di tetes air hujannya lebih gede daripada waktu deras, sehingga klo air hujan kena kulit kepala atau apapun, asam tadi bikin badan kita sakit (pusing).

penyebab lainnya adalah adanya perbedaan suhu yang relatif besar antara suhu tubuh dan suhu kepala saat kena hujan. apabila kena hujan yang gerimis saja, maka kepala akan basah sedikit dan suhu kepala turun sedangkan suhu tubuh tetap, maka hal ini akan mengakibatkan aliran darah di kepala melambat dan akhirnya menjadi pusing (terasa nyut-nyutan)

sedangkan apabila kehujanan sampe basah kuyup (tubuh dan kepala basah) maka suhu umum seluruh tubuh akan turun. tubuh akan mengenali hal ini dan mulai melakukan penyesuaian (misalnya memperlambat denyut jantung, atau meningkatkan suhu tubuh dengan mengigil). secara keseluruhan keseimbangan suhu antara tubuh dan kepala tetap terjaga sehinga kecepatan aliran darah di kepala tidak berubah. akhirnya tidak terjadi nyut-nyutan , tapi tubuh akan menggigil, dan kalau suhu tubuh yang dingin ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, itu yg akan menimbulkan demam. Moga bisa bermanfaat info yg saya share kali ini buat sobat semua

Komentar