Bahaya dari SAOS Botolan Kaki Lima

Pasti dari sobat semua rata2 pada suka makan bakso, mie ayam, siomay atau batagor di pinggir jalan kan? Kalau iya, berarti kalian tau saos dalam kemasan botol sebesar botol kecap. Atau bahkan kalian hobi mengkonsumsi jajanan pinggir jalan dengan dicampuri saos tsb? Jika benar maka sebaiknya agan hentikan kebiasaan tersebut. karena apa ??? berikut penjelasannya….

Karena saos-saos tersebut bisa saja mengandung zat aditif seperti bahan pengawet, pewarna, penguat rasa (mono sodium glutamat) dsb. Dan alasan itulah yang memicu hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti misalnya dari bahan mono sodium glutamat yang merupakan zat yang sulit dicerna oleh alat cerna manusia, otomatis unsur nutrisi yang lain pencernaannya juga akan terhambat, jika tubuh sudah sulit untuk mendapat asupan gizi,maka jangan heran jika perkembangan otaknya juga lambat.
Serta bahan pengawet yang dikonsumsi terus-menerus oleh tubuh bisa mengakibatkan kanker hati. Hal ini karena bahan pengawet yang bersifat racun bagi tubuh. Dan hati yang tugasnya menetralkan racun di dalam tubuh tidak akan bisa bekerja secara maksimal apabila racun dari saos tersebut terlalu banyak dan terus-menerus.

Selain itu faktor lain adalah ketika saos tersebut dipasarkan bisa saja terjadi perubahan terhadap saos tersebut, bisa karena penyimpanan yang tidak benar, suhu penyimpanan yang salah, ataupun saos tersebut sudah kadaluarsa. Banyak kita ketahui jg investigasi saos yang tidak berlabel ataupun labelnya hanya menggunakan sablon biasa terbuat dari bahan pepaya yang hampir busuk bukan tomat segar yang kemudian dicampur dengan bahan pengawet mayat yaitu formalin sehingga awet dan rasanya yang cenderung gurih dari penyedap kain batik yang sangat tidak aman untuk tubuh dan kalau membuat saos sambal dari sisa cabe yang sudah tidak segar terkadang tercampur ulet atau belatung.
Berikut bukti foto dari bahan dari pembuatan saos botolan kaki lima dari sebuah pabrik di suatu daerah :

Jadi akan lebih aman jika menkonsumsi saos yang sudah mempunyai nama karena sudah pasti lebih aman tuk dikonsumsi....
Oke... sekian aja dulu tentang info kesehatan kali ini. Moga sobat semua bisa lebih berhati2 dalam memilih dan membeli makanan di luar sana....

Komentar